12 Rahasia Menghafal Dengan Mudah

Kita belajar banyak hal sepanjang hidup kita, namun masih belum tahu segalanya karena kita sering melupakannya. Mengapa ini terjadi? Otak Anda melindungi Anda dari overloading dengan informasi yang tidak berguna. Itu sebabnya semua informasi baru tersimpan dalam memori jangka pendek, bukan dalam memori jangka panjang. Jika Anda tidak mengulanginya atau menggunakannya, Anda akan melupakannya dengan sangat cepat. Kurva Melupakan Ebbinghaus menunjukkan bahwa hanya satu jam setelah belajar, kita melupakan lebih dari separuh informasi yang dipelajari. Satu minggu kemudian kita hanya ingat 20%.

Agar informasi di kepala Anda lebih lama, Anda perlu memasukkannya ke memori jangka panjang Anda. Penghafalan paksa tidak terlalu efektif dalam kasus ini karena otak Anda tidak dapat memahami informasi dengan cepat dan membentuk asosiasi yang kuat. Jika Anda ingin mengingat sesuatu untuk waktu yang lama, Anda perlu memperpanjang periode penghafalan. Seharusnya selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu.

Lalu bagaimana cara mengingat semuanya? Seorang psikolog Jerman, Hermann Ebbinghaus menemukan cara untuk menghafal informasi dengan lebih efektif dengan formula universalnya berikut ini dan itu cukup berhasil.

1. Cobalah mengerti apa yang Anda pelajari. Hal yang Anda pahami dihafal 9 kali lebih cepat.

2. Pelajari informasi yang paling penting. Anda perlu menetapkan prioritas dengan benar.

3. Pertimbangkan hal ini : hal-hal yang ada di awal dan akhir adalah hafalan yang terbaik (efek posisi serial).

4. Arahkan perhatian Anda dari satu topik ke topik lainnya. Ingat bahwa ingatan serupa bercampur ( interferensi teori) dan menjadi "kekacauan".

5. Pelajari hal-hal yang berlawanan. Misalnya, jika Anda belajar bahasa asing, menghafal siang dan malam. Berlawanan lebih mudah dihafalkan.

6. Bangunlah "istana pikiran Anda sendiri". Idenya adalah mengasosiasikan hal-hal tertentu dengan tempat tertentu. Misalnya, jika Anda berada di kamar Anda, cobalah menghubungkan sesuatu yang Anda pelajari ke sesuatu di ruangan Anda. Ulangi beberapa kali. Setelah itu, coba ingat seperti apa ruangan itu dalam ingatan Anda, dan ulangi hal-hal yang Anda pelajari dengan cara ini.

7. Gunakan "kata-kata kuku". Inti teknik ini adalah memaku satu hal yang dipelajari ke hal yang lain. Jadi saat Anda memikirkan kuku, Anda secara otomatis mengingat hal lain.

8. Kaitkan kata baru dengan yang sudah Anda ketahui. Jika Anda belajar bahasa, Anda bisa menghafal sesuatu yang baru berdasarkan apa yang Anda ketahui.

9. Buatlah cerita. Jika Anda perlu menghafal banyak informasi dalam beberapa urutan tertentu, cobalah untuk memasukkan potongan-potongan itu ke dalam sebuah cerita. Penting agar potongan-potongan itu saling terhubung dengan semacam plot.

10. Gunakan tape recorder. Catat informasi yang sedang Anda pelajari, dan dengarkan rekamannya beberapa kali. Metode ini bekerja paling baik untuk orang yang menghafal informasi audio dengan lebih baik.

11. Visualisasikan. Gunakan bahasa tubuh saat belajar. Ini akan membantu Anda memicu memori otot Anda.

12. Pilih hanya bahan terbaik. Jangan gunakan buku dan metode pembelajaran yang ketinggalan jaman. Hal-hal itu mungkin telah banyak berubah sejak buku-buku itu ditulis. Jangan buang waktu Anda pada sesuatu yang mungkin ternyata salah.


Kategori : Tips     Suka Konten Ini :