Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sprei Yang Nyaman

Meskipun berkesan sepele, kalau Anda salah memilih bahan Sprei maka kenyamanan tidur Anda jadi sangat terganggu bahkan mungkin malah nggak bisa tidur semalaman.! Lalu gimana cara membeli dan memilih Sprei yang baik untuk di gunakan sehari-hari? Sebelum Anda memilih Sprei, lebih baik Anda tentukan 5 point dibawah ini terlebih dahulu :

1. Konsep

Tentukan tema untuk kamar tidur anda.
Ini menyangkut soal selera, karena Sprei akan sangat berpengaruh dengan suasana dan kenyamanan kamar tidur anda. Mau minimalis? Mau bercorak penuh semangat? atau mau kesan lembut? Tentukan terlebih dulu keinginan anda, lalu sesuaikan dengan karakter anda!

2. Kebutuhan

Kenali suhu kamar dan pencahayaan.
Kondisi ruangan kamar apakah panas atau dingin, gelap atau terang akan menentukan jenis bahan sprei yang akan anda beli. Jangan sampai salah beli jenis bahan, anda takkan mau kan saat bangun tidur kasur anda jadi basah karena keringet anda sendiri?

3. Jenis

Perhatikan Jenis dan model.
Jahitan Tanpa Sambungan : Biasanya untuk satu buah Sprei yang bagus di bagian tengahnya tidak memiliki sambungan jahitan
Jahitan Dengan Sambungan : Jenis ini biasanya lebih murah, kurang nyaman karena kalau jahitannya kurang rapi akan mengganggu kenyaman tidur anda
Jenis Rempel : Jenis sprei yang memiliki variasi jahitan di bagian pinggir lipatan
Jenis Karet : Yakni jenis sprei yang hanya memiliki pinggiran ujungnya berupa karet, biasanya soal harga jenis ini sedikit lebih murah dari jenis Rempel

4. Ukuran

Kenali ukuran sprei.
Sebelum membeli pastikan ukuran Sprei anda terlebih dulu. Caranya adalah dengan memperhatikan ukuran kasur yang Anda gunakan.

Sprei itu memiliki beberapa ukuran standar, antara lain:

200 x 200 x 20 cm (Ukuran Extra King)
180 x 200 x 20 cm (Ukuran King/No.1)
160 x 200 x 20 cm (Ukuran Queen/No.2)
120 x 200 x 20 cm (Ukuran Single/No.3)
100 x 200 x 20 cm (Ukuran Single/No.4)

5. Trend

Sprei dewasa ini baik desain maupun ukuran sudah banyak sekali macamnya, dari yang pola sederhana hingga model Glow in the dark, apa itu sprei Glow in the dark? sesuai namanya, terang di dalam gelap, yup! kini sudah ada kok sprei yang bisa menyala motifnya dalam keadaan kamar anda sedang gelap, keren kan! Kalau anda orang yang selalu up to date, boleh juga memilih motif dengan karakter kesukaan anda, entah dari aktor film, kesebelasan sepak bola, otomotif dan lain sebagainya.

Nah! Setelah 5 point diatas anda tentukan, barulah Anda bisa memilih dan membeli sprei yang baik.

MEMILIH SPREI

Banyak jenis bahan Sprei beredar di pasaran, mulai harga murah hingga jutaan, semakin mahal biasanya bahannya pun lebih berkualitas dan lebih nyaman untuk dipakai. Hukum dagang pun berlaku, ada harga ada kualitas. Tapi kalau anda rajin memilih atau mencari Sprei di pasaran, terkadang ada juga Sprei murah tapi berbahan cukup bagus, tergantung keberuntungan anda juga sih. Cek kondisi bahan dulu, seperti memeriksa uang palsu, di raba-dilihat-diterawang, baru tentukan untuk di beli atau tidak.

Lalu bagaimana memilih sprei yang nyaman terutama dari segi bahan?
Terutama buat anak kostan yang cuma punya dana yang pas-pasan? Berikut tipsnya:

JENIS BAHAN

a. Pilih bahan yang lembut dan permukaan yang halus tidak berpasir
b. Perhatikan kerapatan benang, semakin rapat semakin bagus dengan cara di terawang menghadap cahaya terang
c. Pilih bahan jenis Katun - murni, karena bahan akan lebih adem dan menyerap keringat

WARNA

a. Perhatikan warna bahan apakah akan luntur atau tidak, dengan cara sedikit menggosokkan tangan diatas warna tersebut, namun cara ini hanya dipahami yang sudah berpengalaman saja.
b. Warna yang baik adalah warna yang aman bagi kulit, jangan pilih Sprei yang berbau cat yang tajam di hidung ketika kita menciumnya.
c. Warna yang baik adalah yang menyerap sempurna ke dalam pori-pori Sprei, ini akan membuat warna tidak cepat pudar.


Kategori : Tips     Suka Konten Ini :