Golden Age, Fase Penting Yang Tidak Akan Terulang

Dalam perkembangan anak dikenal suatu fase penting dimana seorang anak mampu secara cepat menyerap berbagai informasi yang diterima. Fase inilah yang disebut fase emas atau lebih dikelanl dengan istilah golden age. Sekitar 80% otak anak berkembang pada usia 0-6 tahun, informasi seperti apapun akan diserap anak tanpa melihat baik atau buruknya. Informasi inilah yang nantinya akan menjadi fondasi pembentukan karakter, kepribadian, dan kemampuan kognitif anak.

Begitu pentingnya fase golden age ini, sehingga orangtua sebaiknya memanfaatkan sebaik-baiknya fase ini untuk memberikan pendidikan, mengenalkan aktivitas positif, serta menanamkan banyak kebaikan untuk anaknya. Karena fase ini sangat penting dan tidak akan terualang lagi dalam masa tumbuh kembang anak. Lalu apa saja yang seharusnya dilakukan oleh orangtua agar fase golden age tidak terlewatkan begitu saja.

Pertama, Memberikan asupan makan sehat dan bergizi.  Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi anak yang masih dalam masa tumbuh kembang. Makanan yang biasa maupun tidak biasa dikonsumsi anak pada masa ini juga dapat berpengaruh pada pola makan anak di masa depan. Biasakan mengkonsumsi sayuran yang kaya akan serat dan ikan yang kaya akan protein dan nutrisi untuk perkembangan anak.

Kedua, Mengajarkan Bahasa dan Kata-Kata Positif. Bahasa merupakan hal yang penting untuk diajarkan pada anak, terutama Bahasa Ibu dan Bahasa Daerah. Melalui bahasa, anak akan mampu berkomunikasi dengan orangtua dan orang-orang di sekitarnya. Namun jangan sampai ada kata-kata negatif yang terserap oleh anak. Sebaiknya orangtua harus menghindari kata-kata negatif seperti jangan, tidak boleh, kamu bodoh, kamu jelek dan sebagainya. Karena kata-kata ini akan dnegan mudah masuk ke alam bawah sadar anak, mengendap dan terefleksi dalam karakternya hingga dewasa. Hal ini akan membuat anak menjadi penakut, kehilangan kreativitas dan tidak dapat mengembangkan dirinya.

Ketiga, Mengembangkan Otak Kanan. Dalam periode awal golden age ini yaitu usia di bawah 3 tahun, perkembangan pesat yang terjadi adalah pada fungsi otak kanan. Pada masa ini, orangtua bisa melakukan stimulasi yang tepat dengan melakukan stimulasi yang tepat dengan mengenalkan warna, bentuk, gambar, maupun irama. Hal ini akan membuat anak memiliki memori yang kuat, kreatif dan berimajinasi tinggi.

Keempat, Mengembangkan Otak Kiri. Perkembangan pesat otak kiri terjadi pada akhir periode fase golden age yaitu pada usia di atas 3 tahun. Masa ini merupakan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berhitung untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan matematisnya.

Kelima, Mengajarkan Skill Tertentu. Ada baiknya orangtua mulai mengenalkan beberapa keterampilan pada anak. Hal ini bermanfaat untuk mengenali potensi anak, kemudian mengarahkan anak sesuai minat dan bakat yang disukainya.

Selain melakukan hal-hal yang disebutkan sebelumnya, orangtua perlu meluangkan waktu bersama anak. Orangtua sangat berperan penting dalam perkembangan anak terutama pada fase golden age. Hal-hal kecil dan sederhana yang dilakukan dapat berdampak besar terhadap masa depan anak.


Kategori : Parenting     Suka Konten Ini :