Ini Tanda Power Window Perlu di Service

Power Window adalah salah satu fitur yang saat ini umum dipasang pada sebuah mobil. Perangkat ini memberikan kemudahan dan kenyamanan saat menaik-turunkan kaca jendela mobil.  Teknologi yang disematkan pada fitur ini juga cukup canggih, mulai dari naik dan turun secara otomatis hingga bisa berhenti sendiri jika ada anggota tubuh yang tidak sengaja terjepit. Sebagai salah satu penunjang kenyamanan dalam berkendara, bisa di bayangkan apabila power window macet di tengah perjalanan. Tentunya akan sangat mengganggu, apalagi jika kaca jendela terbuka dan tidak bisa di tutup.

Untuk menghindari kondisi seperti ini, sebaiknya perhatikan gejala-gejala awal untuk mendeteksi kerusakan power window. Berikut ini gejala-gejalanya :

  1. Saat tombol power window ditekan, kaca jendela kadang naik kadang tidak. Masalah ini kemungkinan karena sakelar power window rusak. Jika hal ini terjadi dibagian pintu penumpang, aktifkan melalui tombol yang terdapat di pintu pengemudi.
  2. Terdengar bunyi kasar saat mengoperasikan power window. Apabila bunyi berasal dari dalam pintu, kemungkinan penyebabnya adalah regulator power window di dalam pintu mulai rusak. Agar kerusakan tidak semakin parah, sebaiknya segera cek ke bengkel untuk memastikan apakah ada komponen yang terlepas, kendor atau rusak geriginya.
  3. Proses naik-turun kaca tidak lancar atau seret, dan terdapat garis baret di salah satu sisi kaca jendela. Hal ini bisa disebabkan jalur pada kaca dalam kondisi kering, miring atau keluar dari jalurnya. Solusinya, lakukan penyetelan posisi kaca jendela dan lumasi jalurnya, agar proses naik-turun nya lebih lancar.

Gambar Bagian-Bagian Pintu Mobil


Kategori : Otomotif     Suka Konten Ini :