Monster-Monster Jerami Raksasa Dari Jepang

Di setiap belahan dunia ada beragam tradisi/festival untuk merayakan datangnya musim panen. Di daerah Jepang Utara, ada Wara Art Festival yang berlangsung pada bulan September-Oktober saat panen padi. Festival ini telah diselenggarakan sejak tahun 2008 yang merupakan kolaborasi divisi pariwisata pemerintah Jepang dengan Musashino Art University. Para mahasiswa serta seniman lokal nantinya akan memanfaatkan jerami-jerami yang dikumpulkan dari para petani. Kemudian mereka membangun patung-patung yang kerangkanya dari kayu yang kemudian dibaluti jerami. Beragam karakter mereka ciptakan, seperti belalang, dinosaurus, gurita, dan masih banyak lainnya.

Festival ini sendiri dilatarbelakangi oleh kekhawatiran mahasiswa akan fungsi dari jerami. Dahulu jerami dimanfaatkan warga untuk dibuat menjadi tikar dan berbagai barang. Namun berkembangnya zaman barang-barang yang berbahan jerami tergantikan oleh barang plastik. Sehingga setiap panen usai, para petani hanya bisa membakar tumpukan jerami yang pada akhirnya hanya menciptakan polusi udara. Maka dari itu mereka membuat sesuatu yang berbeda untuk menghidupkan Niigata, dengan membuat monster raksasa di tengah sawah.

Para wisatawan diperbolehkan melihat, berfoto-foto, dan menyentuh langsung patung raksasa yang mereka buat. Wisatawan tidak hanya melihat patung jerami, mereka juga bisa bermain layang-layang, serta berkunjung ke pasar untuk mencicipi berbagai makanan dan produk pertanian. Jika Anda ingin melihat patung raksasa ini datang saja ke Taman Uwasekigata karena patung-patung jerami ini akan dipajang dan dipertonton sampai bulan November nanti.

 


Kategori : News     Suka Konten Ini :